Sentra Gakkumdu Akan Terbentuk Pada 14 Februari

4

Bawaslu Kunjungi Kejari Tanjungpinang bahas pembentukan Sentra Gakkumdu

Tanjungpinang, Lenteraone – Dalam rangka mensukseskan Pesta Demokrasi Kepala Daerah yang akan di gelar sebentar lagi, Bawaslu Kota Tanjungpinang mengunjungi Kejaksaan Negeri guna berkoordinasi dalam membangun sinergitas penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Kepri. Selasa (11/2).

Ketua Bawaslu Muhammad Zaini menjelaskan, kunjungan dengan agenda yang sama juga telah di lakukan beberapa waktu lalu saat mereka ke Polres Tanjungpinang, yaitu persiapan pembentukan kembali Sentra Gakkumdu.

“Bawaslu Kota Tanjungpinang telah bersurat ke Kejaksaan dan Kepolisian untuk permintaan personil yang akan bertugas di Sentra Gakkumdu, insya Allah di 14 Februari Sentra Gakkumdu sudah terbentuk”, jelas Zaini yang juga Koordiantor Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga.

Ditambahkannya, eksistensi Sentra Gakkumdu sangat penting dalam penanganan dan penindakan terhadap berbagai dugaan pelanggaran pidana dalam Pilkada. Kewenangannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“sebagai upaya penegakan aturan dan keadilan Pemilu, namun demikian Bawaslu akan tetap berupaya maksimal dalam mengedepankan dan melakukan strategi pencegahan terhadap berbagai potensi dugaan pelanggaran”, tambahnya.

Sebagai informasi, 12 dugaan pelanggaran telah ditangani Sentra Gakkumdu pada PEMILU lalu, 5 pelanggaran putus di Pengadilan sedangkan 7 perkara lainnya selesai di pembahasan kedua Sentra Gakkumdu.

Kepala Kejaksaan Negeri Ahelya A Bustam mengatakan kesiapan lembaganya untuk bersinergi dan memaksimalkan Sentra Gakkumdu dalam penanganan pelanggaran pemilu pada Pilkada 2020 .

“Kerjasama dan koordinasi yang telah terjalin dengan baik, akan kita perkuat dan tingkatkan, dalam penanganan berbagai dugaan pelanggaran, sehingga Pilkada berlangsung secara adil dan demokratis”, tegasnya.

Pertemuan dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, Maryamah, Novira Damayanti, Kepala Kejaksaan Negeri Aheliya Abustam, Kasi Pidum Wawan, dan Jaksa Zaldi Akri. (Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here