Ketua DPRD Sebut Natuna Belum Memenuhi Persyaratan Menjadi Provinsi

5

Tanjungpinang, (Lenteraone) – Wacana pemisahan diri dan pembentukan Provinsi Baru yang di gulirkan mendapatkan tanggapan beragam di tengah masyarakat, khususnya di Provinsi Kepulauan Riau. Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak ikut memberikan tanggapannya merespon isu yang tengah hangat menjadi perbincangan masyarakat. Kamis (9/1).

Jumaga mengatakan untuk menjadi provinsi, ada syarat-syarat yang mesti dipenuhi, dan natuna belum memenuhi ketentuan tersebut.

“Untuk menjadi Provinsi Khusus, Natuna minimal harus memiliki 4 kabupaten, kemampuan PAD dan di dukung oleh jumlah masyarakat.” ungkap Jumaga.

Dirinya menyesalkan wacana Provinsi Khusus ini mencuat ditengah konflik adanya Klaim China di perairan natuna. Jumaga menyarankan agar Kabupaten Natuna menitikberatkan pada proses pembangunan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Persoalan hari ini, dimana adanya Klaim negara China terhadap wilayah laut natuna utara jangan semakin dipusingkan dengan isu pembentukan provinsi khusus.

“saat ini yang mempertahankan natuna atas klaim china bukan hanya pemkab natuna, Pemprov Kepri dan Pemerintah Pusat pun ikut mempertahankan.” kata Jumaga.

Ditambahkannya, Kabupaten Natuna sebaiknya memperkuat angkatan bersenjatanya guna menghadapi situasi saling klaim ini, sehinggat tak diremehkan oleh asing. Natuna memiliki letak wilayah yang strategis, sehingga mendatangkan ketertarikan negara luar untuk memiliki natuna. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here